KEUNTUNGAN DAN MUDAHNYA BERBISNIS WARALABA AKSESORIS D'PARIS SILVER

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kepada TUHAN Yang Maha Kuasa, atas Anugrah dan Rahmat-Nya maka BUKU PUTIH ini sebagai bukti serta panutan keberhasilan dari pengusaha yang telah mengambil dan menjalankan bisnis D’PARIS. Pada prinsipnya bahwa bisnis ini menguntungkan dan menjanjikan, hanya karena kuasa TUHAN semua ini bisa terwujud.

Setelah melewati proses yang sangat panjang dan input dari berbagai pihak, maka selesailah BUKU PUTIH ini. Semoga BUKU PUTIH ini bisa dapat dipergunakan sebagai gambaran singkat dan penjelasan tumbuh kembangnya usaha ini, serta cara menjalankan usaha D’PARIS.
BUKU PUTIH ini dibuat agar calon mitra yang akan mengambil bisnis ini tidak ragu lagi dalam memilih salah satu bisnis franchise yang bergerak dibidang aksesoris yaitu D’PARIS. Sehingga diharapkan antara D’PARIS dan mitranya akan memiliki visi dan misi yang sama dan tertulis ataupun tertuang dalam tujuan perusahaan.

Semoga TUHAN Yang Maha Kuasa selalu menuntun, melindungi dan memberkahi setiap langkah – langkah kita dalam menjalankan usaha ini, karena dengan niat dan tekad yang bulat serta kuat kita saling bergandeng tangan untuk mencapai satu tujuan bersama. Dengan bergabung bersama D’PARIS secara tidak langsung kita telah membuka lapangan/ kesempatan kerja bagi orang – orang disekitar kita. Semoga ini merupakan langkah nyata untuk dapat ikut mensejahterakan banyak orang yang masih membutuhkan kesempatan ini. Amien

Hormat Kami,


Managemen
D’PARIS



PENDAHULUAN
Selamat Bergabung.
Terimakasih atas kepercayaan dan kerjasamanya untuk bergabung bersama mitra usaha yang lain didalam kemitraan jaringan usaha aksesoris D’PARIS.
D’PARIS adalah perusahaan aksesoris retail perhiasan yang terbuat dari silver, silver dilapisi emas putih, stell dan titanium. D’PARIS membuktikan bahwa senantiasa menghasilkan profit dan tetap eksis pada bidang penjualan retail aksesoris. Seiring berjalannya waktu, Brand image D’PARIS sudah mulai dikenal konsumen, khususnya wanita muda, aktif dan selalu senantiasa mengikuti trend aksesories dan fashion. Berawal dari itu maka muncullah gagasan untuk mengembangkan usaha aksesoris yang mengunakan system kemitraan yang kehadirannya mudah diterima oleh masyarakat. D’paris memiliki slogan “Beautify U”
SIFAT BISNIS
Peluang usaha D’PARIS merupakan bisnis dibidang aksesoris
Usaha bisnis D’PARIS mengunakan system pembayaran cash, sangat membantu perputaran financial dan memperkecil resiko
Dengan system mitra usaha, maka akan banyak bermunculan cabang / mitra baru yang akan buka diseluruh penjuru tanah air, sehingga D’PARIS akan semakin berkembang dan dikenal masyarakat dan di gemari masyarakat luas.

KEUNGGULAN BISNIS
Memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas. 
Counter didisain sesuai dengan standarisasi tata letak, bentuk counter D’PARIS sehingga terlihat bagus, menarik dan memiliki ciri khas D’PARIS.
Harga dari seluruh item produk D’PARIS terjangkau oleh masyarakat luas
Memiliki bentuk yang khas, disebabkan langsung di produksi oleh pabriknya di luar negeri.
Mudah dalam pengelolaan usaha ini, karena system sudah berjalan dengan baik, adanya pendampingan dan pengawasan setiap counternya.
Selalu ada barang baru / model selalu up todate
Barang lebih mudah dalam penyimpanan dan juga tidak basi

SISTEM MANAGEMEN
Sistem counter didukung oleh prosedur standar operasional yang baku
System pengawasan langsung dan tidak langsung yang countinous, terhadap kelancaran prosedural rutin. Meliputi: Pembelian, stock barang, penjualan, service, kerapian dan kedisiplinan dll.
Pemantauan rutin terhadap pergerakan Omset.
Training karyawan Counter baru didukung dengan tanaga ahli terlatih D’PARIS, sekaligus pendampingan saat Grand Opening.
Program stock / program inventory dan penjualan yg bisa support

POTENSIAL INCOME
Gift / souvenir
Event
Dll

VISI DAN MISI PERUSAHAAN
VISI
Menjadi perusahaan “JEWELLRY” terfavorit di lokal maupun International
MISI
Menyediakan “JEWELLRY” dengan variasi model terbaru harga terjangkau serta pelayanan yang memuaskan pelanggan.

SYARAT MENJADI MITRA USAHA
Selalu berpikir dan berperilaku positif
Menjunjung tinggi kejujuran
Bisa bekerjasama dengan baik untuk mewujudkan visi & misi perusahaan
Dapat mengikuti dan mentaati seluruh peraturan yang ada dalam system kemitraan D’paris
Mau bekerjasama dan berfikiran maju serta inovatif, dll

PROFIL D’PARIS SILVER
Didirikan di Jakarta pada tahun 2001, awalnya D’PARIS adalah Brand yang belum banyak orang mengenalnya dibisnis waralaba namun berkat kerja keras dan keuletan sang pendiri, Bapak Thomas Suhil, lambat laun nama D’PARIS mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat luas.
D’PARIS dengan outlet pertama terletak di Mall Citraland Jakarta, selanjutnya tumbuh dan berkembang hingga menjadi beberapa outlet di sejumlah Mall terkemuka di kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Karena bisnis aksesoris selalu berhubungan dengan fasion dan trend masa kini yang selalu up date maka lokasi yang sangat ideal adalah MALL. Dalam kurun waktu 12 tahun, jumlah counter telah mencapai 41 counter yang tersebar diberbagai pusat belanja atau mall di Indonesia:

JAKARTA: Mall Citraland, Mall Kepala Gading, Mall Blok M, Mall Semanggi , Mall Gajah Mada Plaza, Pondok Indah Mall, Mall Atrium Plaza, Mall Lippo Karawaci, Mall Senayan City, SMS, PV, MMB, CBB, Mall Taman Anggrek, EX, Mall Gandaria, Mall Emporium, Mall Bintaro, Mall Kokas, Mall Citos, Mall Depok, Mall Cinere. Bandung: Bandung Indah Plaza, Mall Istana Plaza, Mall Paris Van Java, Mall Trans Studio, Ciwal, Fcl. Surabaya: Mall Tunjungan Plaza, Mall Galaxi, Mall Pakuwon, Mall Delta, Mall Royal, Mall Grand City.
Bapak Thomas mengatakan, Perkembangan yang sangat pesat dari D’PARIS tidak dapat dipisahkan dari potensi bisnisnya yang sangat besar. Keuntungan D’PARIS adalah Semua produk merupakan barang berkualitas yang terbuat dari silver murni, silver dilapis emas putih 18K, Steel dengan kadar 316L, titanium dan kesemuanya diimpor dari luar negeri. Produk D’PARIS tidak hanya di minati wanita dewasa atau wanita aktif kota tapi juga oleh seluruh anggota keluarga termasuk anak – anak. Sehingga ketika Bapak Thomas melihat potensi yang sangat prospektif mulai merambah ke kota daerah yang langsung direspon positif oleh konsumen.

Sebagai bisnis aksesoris D’PARIS mempunyai produk yang cukup beragam, seperti : Gelang, cincin, kalung dan liontin yang tersedia segala macam ukuran dan bentuk yang selalu up date. Beberapa keunggulan produk D’PARIS dibandingkan dengan produk jual-beli, Size cincin yang lengkap mulai dari ukuran kecil s/d besar, untuk produk jual-beli biasanya size cincin hanya beberapa size saja.Ukuran kalung yang lengkap mulai dari 40 s/d 65 cm.

Bapak Thomas juga mengatakan, D’PARIS tidak akan menyulitkan mitranya dalam hal retur barang, namun ada beberapa persyaratan untuk retur itu sendiri, yaitu : 30% berlaku maksimal 1 bulan dari tanggal grand opening, 10% setiap pembelanjaan dan bisa diakumulasi maksimal 3 bulan. Untuk stok produk paket awal pihak D’PARIS yang akan menentukan, selanjutnya franchisee / investor sudah bisa menilai mana produk yang cepat laku atau tidak, jadi nanti bisa diatur melalui retur akan ditentukan berdasarkan pareto dan D’PARIS juga memberikan diskon sesuai ketentuan yang berlaku.
Bapak Thomas mengakui, Brand D’PARIS mulai menanjak dan dikenal yang memiliki awareness tinggi berdampak positif terhadap usahanya. Walaupun dengan konsep bisnis franchise, peminat investasi D’PARIS semakin meningkat. Banyak orang yang antusias dengan bisnis D’PARIS.  Faktor lain yang berpengaruh besar terhadap investasi D’PARIS adalah biaya kemitraan yang masih sangat terjangkau untuk masyarakat kota besar dan kota daerah.

BIAYA KEMITRAAN
D’PARIS menawarkan dua paket kemitraan dengan nilai investasi yang relative sangat terjangkau, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
A.      Paket A
Paket ini investasi yang dibutuhkan adalah Rp 140 juta. Paket ini belum termasuk sewa tempat, gaji karyawan, showcase, perangkat lunas atau computer, namun sudah mencakup stock produk paket awal, program akuntansi cashflow dan desain penataan lokasi showcase. Dan paket ini berukuran maksimal 9 m2.

Dengan fasilitas:
1.       Lay out desain showcase lokasi
2.       Training tenaga kerja**
3.       Pendampingan grand Opening counter***
4.       Paket stock produk awal (senilai ± Rp. 160 jt)
5.       Promotion kit

*                   Royalty fee 7%
**                 Dilakukan dikantor pusat
***              Akomodasi trainer ditanggung oleh mitra / franchisee selama pendampingan
****            Dp 120 jt



B.      Paket Besar
Paket ini investasi yang dibutuhkan adalah Rp. 160 jt. Paket ini belum termasuk sewa tempat, gaji karyawan, showcase, perangkat lunas atau computer, namun sudah mencakup stock produk paket awal, program akuntansi cashflow dan desain penataan lokasi showcase. Dan paket ini minimal 10 m2.

Dengan fasilitas:
1.       Lay out desain showcase lokasi
2.       Training tenaga kerja**
3.       Pendampingan grand Opening counter***
4.       Paket stock produk awal (senilai ± Rp. 200 jt)
5.       Promotion kit

*               Royalty fee 7%
**             Dilakukan dikantor pusat
***           Akomodasi trainer ditanggung oleh mitra / franchisee selama pendampingan
****         Dp 145 jt


Bapak Thomas mengakui, semua investasi yang ditawarkan adalah diluar joint fee, sewa tempat dan showcasenya. Dengan paket – paket yang ditawarkan calon franchisee / mitra tinggal memilih disesuaikan dengan kapasitas ruangan yang di miliki. Terangnya.

Meski investasinya sangat ringan namun tidak dengan omset perhari yang bias didapat. Lantaran produknya sangat familiar dengan masyarakat maka rata – rata omset perhari dari counter yang sudah berjalan cukup mengiurkan berkisar antara Rp. 1,5 jt/hari atau sekitar 135  jt/bulan.
  
Lebih jauh menurut Bapak Thomas, untuk mendukung keberhasilan bisnis franchisee, D’PARIS akan men-support dalam segala hal, sehingga franchisee bisa beroperasi dan mendapatkan keuntungan. Support yang diberikan dalam bentuk desain showcase dan perlengkapan pendukung hingga masalah managemen keuangan dan promosi.

Bapak Thomas yakin semua bentuk support yang diberikan D’PARIS akan mendorong kesuksesan franchisee / mitra. Apalagi didukung beberapa keunggulan lain yang dimiliki D’PARIS dan belum dimiliki brand lain.seperti:
1.       Yang membedakan adalah model, kualitas produk serta pelayanan purna jual. D’PARIS menyediakan jasa pencucian produk silver D’PARIS untuk konsumen gratis
2.       Pelayanan purna jual D’PARIS / Garansi
                                             i.            Garansi 1 minggu dari tanggal pembelian, ganti baru jika ada kerusakan
                                           ii.            Garansi 1 bulan dari tanggal pembelian, free service
                                          iii.            Jasa cuci gratis untuk semua produk D’PARIS
                                         iv.            Service untuk segala jenis kerusakan dengan harga yang terjangkau
3.       Inovasi dan development produk terus menerus dilakukan, sehingga akan muncul produk – produk baru yang lebih inovatif dan digemari oleh masyarakat.
4.       Desain counter yang berkarakter D’PARIS, sehingga siapapun akan tahu bahwa itu counter Dparis. Dan secara tidak langsung dapat menimbulkan point of interst konsumen.
5.       Pengelolaannya yang sangat mudah / tidak rumit.

Singkat kata, D’PARIS adalah pilihan usaha yang paling tepat untuk calon pebisnis yang ingin maju dan berkembang serta berorientasi jangka panjang.

  
BUKTI OMSET COUNTER

DAERAH               : JAKARTA
LOKASI                 : MALL CITRALAND
BULAN                  : NOVEMBER 2013

TGL
OMSET
TARGET
TOTAL OMSET
PROSENTASE
1
Rp. 2,815.500
Rp. 1.000.000
Rp.    2,815.500
71,035
2
Rp. 6,298.500
Rp. 1.000.000
Rp.    9,114.000
15,877
3
Rp. 7,241.500
Rp. 1.000.000
 Rp.  16,355.500
13,809
4
Rp. 3,322.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  19,677.500
30,102
5
Rp. 8,130.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  27,807.500
12,300
6
Rp. 5,292.500
Rp. 1.000.000
 Rp.  33,100.000
18,895
7
Rp. 2,091.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  35,191.000
47,824
8
Rp. 5,234.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  40,425.000
19,106
9
Rp. 5,874.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  46,299.000
17,024
10
Rp. 6,764.500
Rp. 1.000.000
 Rp.  53,063.500
14,783
11
Rp. 2,020.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  55,083.500
49,505
12
Rp. 3,639.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  58,722.500
27,480
13
Rp. 1,818.500
Rp. 1.000.000
 Rp.  60,541.000
54,990
14
Rp. 4,617.500
Rp. 1.000.000
 Rp.  65,158.500
21,657
15
Rp. 1,568.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  66,726.500
63,776
16
Rp. 6,063.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  72,789.500
16,493
17
Rp. 5,665.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  78,454.500
17,652
18
Rp. 3,724.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  82,178.500
26,853
19
   Rp.     832.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  83,010.500
120,192
20
Rp.  5,201.500
Rp. 1.000.000
 Rp.  88,212.000
19,225
21
Rp.  3,309.500
Rp. 1.000.000
 Rp.  91,521.500
30,216
22
Rp.  3,691.000
Rp. 1.000.000
 Rp.  95,212.500
27,093
23
Rp.  7,560.500
Rp. 1.000.000
 Rp. 102,773.000
13,227
24
Rp.  8,344.500
Rp. 1.000.000
 Rp. 111,117.500
11,984
25
Rp.  3,109.500
Rp. 1.000.000
 Rp. 114,227.000
32,160
26
Rp.  4,500.000
Rp. 1.000.000
 Rp. 118,727.000
22,222
27
Rp.  2,324.500
Rp. 1.000.000
 Rp. 121,051.500
43,020
28
Rp.  3,085.000
Rp. 1.000.000
 Rp. 124,136.500
32,415
29
Rp.  5,575.500
Rp. 1.000.000
 Rp. 129,712.000
17,936
30
Rp.  5,939.500
Rp. 1.000.000
 Rp. 135,651.500
16,836
            Rp. 135.651.500         Rp. 30.000.000        Rp. 135.651.500
TOTAL OMSET   : Rp. 135.651.500
ROYALTY FEE     : 7%
JUMLAH              : Rp.   9.495.605


               
DAERAH               : BANDUNG
LOKASI                 : MALL PARIS VANJAVA
BULAN                  : NOVEMBER 2013

TGL
OMSET
TARGET
TOTAL OMSET
PROSENTASE
1
Rp.  1,158.000
Rp. 1.000.000
Rp.   1,158.000
86,356
2
Rp.  5,504.000
Rp. 1.000.000
Rp.   6,662.000
18,169
3
Rp.  4,382.000
Rp. 1.000.000
Rp.  11,044.000
22,821
4
Rp.  3,840.000
Rp. 1.000.000
Rp.  14,884.000
26,042
5
Rp.  2,861.500
Rp. 1.000.000
Rp.  17,745.500
34,947
6
Rp.     920.000
Rp. 1.000.000
Rp.  18,665.500
108,696
7
Rp.  1,489.500
Rp. 1.000.000
Rp.  20,155.000
67,137
8
Rp.  2,073.500
Rp. 1.000.000
Rp.  22,228.500
48,228
9
Rp.  3,806.000
Rp. 1.000.000
Rp.  26,034.500
26,274
10
Rp.  1,711.000
Rp. 1.000.000
Rp.  27,745.500
58,445
11
Rp.     484.000
Rp. 1.000.000
Rp.  28,229.500
206,612
12
Rp.     621.500
Rp. 1.000.000
Rp.  28,851.000
160,901
13
Rp.     922.000
Rp. 1.000.000
Rp.  29,773.000
108,460
14
Rp.     721.000
Rp. 1.000.000
Rp.  30,494.000
138,696
15
Rp.  1,301.000
Rp. 1.000.000
Rp.  31,795.000
76,864
16
Rp.  2,971.000
Rp. 1.000.000
Rp.  34,766.000
33,659
17
Rp.  1,504.000
Rp. 1.000.000
Rp.  36,270.000
66,489
18
Rp.  1,789.500
Rp. 1.000.000
Rp.  38,059.500
55,882
19
Rp.  1,743.000
Rp. 1.000.000
Rp.  39,802.500
57,372
20
Rp.     742.000
Rp. 1.000.000
Rp.  40,544.500
134,771
21
Rp.  2,541.000
Rp. 1.000.000
Rp.  43,085.500
39,355
22
Rp.  1,937.500
Rp. 1.000.000
Rp.  45,023.000
51,613
23
Rp.  2,430.500
Rp. 1.000.000
Rp.  47,453.500
41,144
24
Rp.  9,439.500
Rp. 1.000.000
Rp.  56,893.000
10,594
25
Rp.     507.000
Rp. 1.000.000
Rp.  57,400.000
197,239
26
Rp.  1,767.000
Rp. 1.000.000
Rp.  59,167.000
56,593
27
Rp.  1,917.000
Rp. 1.000.000
Rp.  61,084.000
52,165
28
Rp.  2,062.000
Rp. 1.000.000
Rp.  63,146.000
48,497
29
Rp.  2,663.000
Rp. 1.000.000
Rp.  65,809.000
37,552
30
Rp.  5,457.500
Rp. 1.000.000
Rp.  71,266.500
18,323
Rp. 71.266.500         Rp. 30.000.000                 Rp. 71.266.500

TOTAL OMSET   : Rp. 71.266.500
ROYALTY FEE     : 7%
JUMLAH              : Rp.   4.988.655



DAERAH               : SURABAYA
LOKASI                 : MALL PAKUWON
BULAN                  : NOVEMBER 2013

TGL
OMSET
TARGET
TOTAL OMSET
PROSENTASE
1
Rp. 1,968.000
Rp. 1.000.000
      Rp.   1,968.000
50,813
2
Rp. 1,971.000
Rp. 1.000.000
      Rp.   3,939.000
50,736
3
Rp. 3,614.500
Rp. 1.000.000
      Rp.   7,553.500
27,666
4
Rp. 3,408.000
Rp. 1.000.000
Rp. 10,961.500
29,343
5
Rp. 3,756.000
Rp. 1.000.000
Rp. 14,717.500
26,624
6
Rp. 1,148.000
Rp. 1.000.000
Rp. 15,865.500
87,108
7
Rp.     450.000
Rp. 1.000.000
Rp. 16,315.500
222,222
8
Rp. 1,957.000
Rp. 1.000.000
Rp. 18,272.500
51,099
9
Rp.    898.000
Rp. 1.000.000
Rp. 19,170.500
111,359
10
Rp. 2,760.000
Rp. 1.000.000
Rp. 21,930.500
36,232
11
Rp. 1,508.000
Rp. 1.000.000
Rp. 23,438.500
66,313
12
Rp. 1,917.500
Rp. 1.000.000
Rp. 25,356.000
52,151
13
Rp. 1,128.000
Rp. 1.000.000
Rp. 26,484.000
88,652
14
Rp. 1,262.000
Rp. 1.000.000
Rp. 27,746.000
79,239
15
Rp. 1,572.000
Rp. 1.000.000
Rp. 29,318.000
63,613
16
Rp. 1,920.000
Rp. 1.000.000
Rp. 31,238.000
52,083
17
Rp. 3,050.000
Rp. 1.000.000
Rp. 34,288.000
32,787
18
Rp. 1,784.000
Rp. 1.000.000
Rp. 36,072.000
56,054
19
Rp. 1,142.000
Rp. 1.000.000
Rp. 37,214.000
87,566
20
Rp. 1,156.000
Rp. 1.000.000
Rp. 38,370.000
86,505
21
Rp. 1,422.000
Rp. 1.000.000
Rp. 39,792.000
70,323
22
Rp. 2,165.000
Rp. 1.000.000
Rp. 41,957.000
46,189
23
Rp. 5,453.000
Rp. 1.000.000
Rp. 47,410.000
18,339
24
Rp. 1,783.000
Rp. 1.000.000
Rp. 49,193.000
56,085
25
Rp. 2,321.000
Rp. 1.000.000
Rp. 51,514.000
43,085
26
Rp.    830.000
Rp. 1.000.000
Rp. 52,344.000
120,482
27
Rp. 1,652.500
Rp. 1.000.000
Rp. 53,996.500
60,514
28
Rp. 1,513.000
Rp. 1.000.000
Rp. 55,509.500
66,094
29
Rp. 1,312.000
Rp. 1.000.000
Rp. 56,821.500
76,220
30
Rp. 3,211.000
Rp. 1.000.000
Rp. 60,032.500
31,143
                 Rp. 60.032.500         Rp. 30.000.000                Rp. 60.032.500

TOTAL OMSET   : Rp. 60.032.500
ROYALTY FEE     : 7%
JUMLAH                         : Rp.   4.202.275